Header Ads

Terkait Lahan Prabowo yang Disindir Jokowi, Mantan GAM Marah!


Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, membeberkan alasan Prabowo menyebut dirinya sebagai nasionalis dan patriotik di segmen pamungkas debat capres Ahad malam kemarin.

Prabowo saat itu menanggapi tudingan lawan debatnya, Joko Widodo atau Jokowi, mengenai tanah yang dia miliki di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah seluas ratusan ribu hektare.


"Kenapa Pak Prabowo sebutkan 'saya patriotik saya nasionalis' terkait dengan tuduhan beliau (Jokowi) menguasai ribuan lahan di Kalimantan Timur dan juga Aceh Tengah? Saya berikan contoh, hari ini saya dikontak oleh teman-teman dari mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Aceh Tengah," kata Dahnil di media center BPN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 18 Februari 2019.

"Mereka menyatakan 'mas kami ini marah, kami kecewa dengan statement dan tuduhan Pak Jokowi'. Kenapa? Karena bagi mereka justru tanah yang di HGU-kan kepada pak Prabowo itu digunakan sepenuhnya untuk masyarakat, kombatan-kombatan GAM di Aceh itu banyak memanfaatkan tanah-tanah itu atas izin Pak Prabowo."

Menurut Dahnil, Prabowo punya kontribusi besar terhadap rekonsiliasi melalui pendekatan-pendekatan ekonomi seperti itu.

 "Jadi teman-teman kombatan Aceh itu merasa terbantu dengan lahan yang di HGU-kan kepada Pak Prabowo. Ingat, itu bukan milik Pak Prabowo, tapi beliau malah membayar, kira-kira begitu," tutur Dahnil.

Eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Marzuki AR alias Wen Rimba Raya menjelaskan perihal adanya mantan pasukan GAM yang menggunakan lahan negara yang dikuasai Prabowo Subianto di Aceh.

 Marzuki membenarkan bahwa memang ada eks kombatan yang menggunakan lahan itu tapi atas nama personal.

"Itu kan kita sebut kan personal. Yang namanya organisasi itu kan kalau di Aceh ini kan organisasi GAM itu kan KPA (Komite Peralihan Aceh). Jadi banyak kalau personal itu. Keterlibatannya ya banyak," ujar Marzuki kepada detikcom, Selasa (19/2/2019).

Marzuki mengatakan memang tak semua eks kombatan GAM memanfaatkan lahan dari PT Tusam Hustani Lestari (THL) milik Prabowo.

Namun dia tak menampik jika dikatakan banyak juga eks kombatan GAM yang diperbolehkan memanfaatkan lahan negara yang dikuasai Prabowo dengan status hak guna usaha (HGU) tersebut, termasuk dirinya.


Download Aplikasi Berita Radar Pribumi di SINI

Silahkan KLIK LIKE :




loading...





Tidak ada komentar