Header Ads

Sumbangan Warga Jateng Buat Prabowo - Sandi Jauh Lampaui Jokowi - Ma'ruf Amin


Pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh sumbangan lebih banyak ketimbang Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Jawa Tengah. Hal ini terungkap melalui Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) yang dirilis KPU Jateng, Kamis (3/1).

Pada laporan itu, tercantum jumlah sumbangan yang diterima tim kampanye masing-masing paslon Pilpres 2019 selama ini. Dana ini, sebagaimana diketahui, diberikan oleh sejumlah pihak yang sah menurut hukum.

"Penerimaan sumbangan dana kampanye untuk pasangan calon Presiden dan wakil Presiden adalah sebagai berikut; nomor urut 01 sebesar Rp 50.000.000 dan nomor urut 02 sebesar RP 212.332.000," tulis Komisioner KPU Jateng Divisi Hukum dan Pengawasan, Muslim Aisha pada laporan itu, Kamis (3/1).

Hanya saja pada laporan itu tak tercantum asal muasal sumber dana. Kendati demikian, Muslim pernah membeberkan aturan main soal sumbangan ini sebelumnya.

"Adapun dana ini bersumber bisa dari perorangan, kelompok atau badan usaha non pemerintah yang besarannya juga sudah diatur melalui PKPU No. 24 tahun 2018," katanya saat dijumpai di kantornya, Kota Semarang, Rabu (2/1).

Aturan itu menjelaskan secara rinci bahwa ada batasan maksimal pada sumbangan. Meliputi, sumbangan perseorangan kepada parpol maksimal Rp 2,5 miliar, kelompok atau badan usaha non pemerintah kepada parpol paling banyak Rp 25 miliar.

Angka serupa juga diterapkan bagi pihak perseorangan maupun kelompok yang ingin menyumbang kepada paslon Pilpres. Yang berbeda ketika seseorang hendak memberikan donasi untuk calon DPD, yakni dibatasi Rp 750 juta saja. Sementara kelompok mentok Rp 1,5 miliar.

"Dokumen LPSDK yang diterima dan LADK (Laporan Awal Dana Kampanye) yang telah lebih dulu disampaikan serta LPPDK (Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye) yang akan dilaporkan setelah masa kampanye berakhir akan menajadi satu-kesatuan yang akan diaudit oleh KAP (Kantor Akuntan Publik)," tutupnya.

(gul/JPC)


Download Aplikasi Berita Radar Pribumi di SINI

Silahkan KLIK LIKE :







Tidak ada komentar