Header Ads

Razia Buku PKI di Padang, Eva Sundari Protes, "Jasmerah itu bagian dari nation and character building"


Salah satu buku yang disita aparat gabungan di Padang karena diduga mengandung unsur PKI ialah buku berjudul Jasmerah karya Wirianto Sumartono. Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari mengaku heran dengan penyitaan buku itu.

Eva mengatakan, buku Jasmerah berisi pidato-pidato Presiden Soekarno. Pidato itu, sebut Eva, bagian dari pembangunan karakter dan bangsa.

"Jasmerah itu bagian dari nation and character building. Ajakan untuk menghormati para pahlawan bangsa itu basis logikanya adalah pidato BK (Bung Karno)," ucap Eva kepada wartawan, Rabu (9/1/2019).


Eva berbicara soal nasionalisme yang menurutnya bisa menjadi mesin untuk meningkatkan daya saing bangsa di dunia. Menurut dia, buku 'Jasmerah' mengandung unsur tersebut. Eva heran mengapa 'Jasmerah' yang isinya tentang pidato-pidato Bung Karno malah disita.

"Hanya nasionalisme yang akan menjadi engine bagi peningkatan daya saing bangsa di dunia sehingga bisa mewujudkan cita-cita proklamasi. Hanya nasionalisme (Pancasila) antitesa kapitalisme, komunisme, khilafaisme. Di mana yang salah dengan buku pidato yang mengobarkan nasionalisme Indonesia?" sebut Eva.


Sebelumnya diberitakan, aparat gabungan dari Kodim dan Kejaksaan Negeri Padang menyita sejumlah buku yang diduga mengandung paham komunis. Buku-buku tersebut disita dari Toko Buku Nagare Boshi di kawasan pecinan Pondok, Kecamatan Padang Barat, Selasa (8/1/2019) sore.

Ada lima judul buku yang diamankan, yaitu 'Kronik 65', 'Mengincar Bung Besar', 'Jas Merah', 'Anak-anak Revolusi', dan 'Gestapu 65: PKI, Aidit, Sukarno dan Soeharto'.

(gbr/asp)


Download Aplikasi Berita Radar Pribumi di SINI

Silahkan KLIK LIKE :







Tidak ada komentar