Header Ads

18 Ruas Jalan Tol Siap Dijual ke Asing


PT Waskita Karya Tbk akan menjual 18 ruas jalan tol, lima di antaranya ditargetkan terjual tahun ini.

Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra mengatakan, langkah tersebut merupakan cara perseroan menjaga keuangan tetap sehat. Apalagi, bisnis utama perseroan sebenarnya adalah kontraktor, bukan operator tol.


’’Kalau divestasi enggak jalan, Waskita tidak mampu lagi investasi karena strategi awal Waskita masuk tol bukan sebagai operator, tetapi developer,” ujarnya, Jumat (4/1). Namun, pihaknya belum memutuskan lima ruas tol yang akan dijual tersebut.

’’Kami tidak bisa sebut mana yang kami jual, tetapi investor silakan pilih mana yang diminati. Nanti berdasar kajian dan penilaian itu yang kami jual,” imbuh Direktur Keuangan Waskita Karya Haris Gunawan.

Meski demikian, ruas tol yang akan dijual emiten dengan kode dagang WSKT tersebut adalah yang sudah 100 persen selesai agar tidak bermasalah.

Perusahaan pelat merah itu juga akan jemput bola dengan melakukan road show ke beberapa negara yang memiliki pembeli potensial untuk menawarkan ruas tol. Misalnya, Dubai, Prancis, dan Hongkong.

Perseroan tengah mengadakan lelang untuk memilih mitra konsultan asing yang akan membantu proses divestasi tersebut.

Konsep itu dilakukan di tengah kondisi tahun politik. Banyak investor yang melakukan aksi wait and see. Sebelumnya, perseroan hanya menunggu investor yang tertarik membeli konsesi. Untuk kinerja keuangan, perseroan juga berniat menekan jumlah utang dari Rp 64 triliun pada 2018 menjadi Rp 60 triliun pada 2019.


Download Aplikasi Berita Radar Pribumi di SINI

Silahkan KLIK LIKE :







Tidak ada komentar