Header Ads

Posting Gambar Ini, Kominfo Disebut Sebar Hoax


Fanspage resmi Kominfo mengupload foto bertuliskan, "Tahukah Kamu? Pada momentum Pertemuan Tahunan IMF WBG di Bali, Bank Dunia mendonasikan 1 Milyar Dolar untuk penanganan dan perbaikan kondisi Lombok dan Sulawesi paska Bencana Alam".

Foto tersebut disebut netizen sebagai HOAX. Karena menurut arti bahasa, donasi adalah Sumbangan atau derma (Inggris: donation yang berasal dari Latin: donum) [1] adalah sebuah pemberian pada umumnya bersifat secara fisik oleh perorangan atau badan hukum, pemberian ini mempunyai sifat sukarela dengan tanpa adanya imbalan bersifat keuntungan.

Namun dalam artikel di detik.com disebutkan bahwa dana 1 Milyar Dolar adalah pinjaman, bukan donasi.

Bank Dunia (World Bank/WB) berkomitmen untuk memberikan pembiayaan atau pinjaman kepada pemerintah Indonesia untuk mendukung proses rehabilitasi dan rekonstruksi bencana di Lombok dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Chief Executive Officer Bank Dunia, Kristalina Georgieva menyebutkan pembiayaan tersebut sebesar US$ 1 miliar, atau sekitar dengan Rp 15 triliun (kurs Rp 15.000)

Dan definisi pinjaman adalah suatu jenis hutang yang dapat melibatkan semua jenis benda berwujud walaupun biasanya lebih sering diidentikkan dengan pinjaman moneter.

Seperti halnya instrumen hutang lainnya, suatu pinjaman memerlukan distribusi ulang aset keuangan seiring waktu antara peminjam dan penghutang.

So, jika memang dana tersebut bukan donasi, berarti Kominfo sudah menyebar Hoax.

Dan kalau memang donasi, detik.com yang sudah menyebar hoax.



Download Aplikasi Berita Radar Pribumi di SINI

Silahkan KLIK LIKE :







Tidak ada komentar