Header Ads

Kasian... 49.264 Petani Tertipu Kartu Tani


Sebanyak 49.264 petani Kabupaten Blitar, Jawa Timur sudah memiliki Kartu Tani. Namun, untuk mendapatkan pupuk subsidi mereka belum bisa mandiri, yakni menebus sendiri. Petani masih harus melalui jaringan kelompok.

Kasi Permodalan dan Pemasaran Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar Herman Widiono tidak membantah kenyataan itu. Penebusan pupuk subsidi diakui masih menggunakan cara lama (manual).

"Penebusan pupuk subsidi masih menggunakan cara manual. Belum bisa menggunakan kartu tani," ujar Herman kepada wartawan. Untuk mendapatkan pupuk, petani belum bisa bertransaksi sendiri di kios pupuk yang ditunjuk.

Lazimnya cara lama, petani masih harus bergantung pada data rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK). Petani wajib mengantongi dokumen pengajuan yang berisi kebutuhan pupuk, nama petani, luas lahan, nama kelompok tani, jenis tanaman.

Setelah itu baru bisa mendatangi kios pupuk. Itupun yang boleh melakukan hanya perwakilan kelompok tani. Menurut Herman kartu tani memang baru bisa digunakan mengurus Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Adanya ketidaksinkronan antara aturan Permentan dan Permendag yang membuat kartu tani belum bisa digunakan untuk penebusan pupuk subsidi. "Saat ini masih dalam proses pengkajian dan revisi. Tentu harapannya (kartu tani) segera bisa digunakan menyeluruh, "harapnya.


Download Aplikasi Berita Radar Pribumi di SINI

Silahkan KLIK LIKE :







Tidak ada komentar