Bikin Jembatan Penyeberangan, Ahok Butuh Rp5 Miliar, Anies cuma Rp100Juta - Radar Pribumi

Header Ads

Bikin Jembatan Penyeberangan, Ahok Butuh Rp5 Miliar, Anies cuma Rp100Juta


Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Bundaran HI, Jakarta Pusat akan segera dirobohkan. Dalam waktu dekat, JPO yang dibangun senilai Rp 5 miliar digantikan dengan pelican crossing.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan JPO itu menghalangi Patung Selamat Datang jika dilihat dari arah Monas dan tak ramah bagi penyandang disabilitas.

JPO di Bundaran HI semula dijadikan role model oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Pembangunan JPO dilakukan oleh PT Mass Rapid Transit (MRT) sebagai ganti JPO sebelumnya yang dibongkar karena proyek MRT.

Dari segi penampilan, JPO yang berlokasi di depan Wisma Nusantara, Jl MH Thamrin ini berbeda dari JPO lainnya yang ada di Jakarta. Ada pot bunga yang dipajang di kiri kanan jembatan. Bunga terbuat dari plastik dan diganti tiap 3 bulan.


Pemasangan bunga di JPO bukan tanpa maksud. Project Manager MRT Jakarta Shiego Hanaki pada 2015 lalu mengatakan, hiasan bunga di JPO agar orang yang melewatinya merasa bahagia.

JPO juga dirancang agar menjadi standar bagi JPO lain di Jakarta. Maka tak heran Ahok menjadikan JPO ini sebagai role model bagi JPO lain.



Menurut Anies, pelican crossing merupakan fasilitas sementara. Untuk penyeberangan permanen nantinya akan dibuatkan penyeberangan bawah tanah. Anggaran pembuatan pelican crossing pengganti JPO Bundaran HI diprediksi Rp 100 juta.

"Anggarannya nanti dicek lagi, tapi kira-kira diperlukan sekitar Rp 100 juta. Ada 4 titik di situ kan, ada tengahnya, ada island itu, ada trotoar tengah yang dulu dipakai untuk pembatas jalan sekaligus tempat transit TransJakarta, itu yang terkait dengan pelican crossing," kata Anies di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/7/2018). (nkn/nkn)


Download Aplikasi Berita Radar Pribumi di SINI

Silahkan KLIK LIKE :







Tidak ada komentar