Header Ads

MIRIS! Sampah Singapura Dibuang ke Indonesia, Eh... Rakyat Kita Malah Senang

Sampah yang berasal dari Singapura dibuang ke Indonesia. Mirisnya, warga negeri ini malah senang. Karena sampah berupa perabot rumah tersebut masih bisa digunakan. Negeri ini layaknya tempat sampah, dan rakyatnya seperti pemulung...

Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian menuturkan, barang-barang bekas yang diselundupkan itu dibawa dengan menggunakan KLM Raja Persada-1 GT 103.

"Bukan hanya barang, kami juga mengamankan 1 nakhoda dan 10 anak buah kapal (ABK)," terangnya Senin (11/9).

Berdasar hasil informasi yang diterima pihak kepolisian, kapal yang memuat sampah-sampah Singapura itu berasal dari Pelabuhan Jurong.

Selama tiga hari, kapal polair melakukan razia di perairan yang akan dilalui kapal Raja Persada. Tepat pada hari ketiga (8/9) pukul 06.00, kapal yang dimaksud berlayar memasuki Batubesar. Begitu melihat kapal sesuai dengan ciri-cirinya yang disebutkan masyarakat, Pol Air Polda Kepri langsung menyergap.

Di dalam kapal itu tak hanya ribuan karung baju bekas, tapi juga terdapat 30 kasur bekas, 50 kursi putar, 50 ranjang rumah sakit, 50 lemari besi, 200 meja belajar, 30 karpet bekas, dan satu piano. "Saat diamankan, mereka tak dapat menunjukkan kelengkapan dokumen," tutur Sam.

Barang tersebut rencananya dibawa ke salah satu pelabuhan milik Haji T. Terkait keterlibatan aparat dalam penyelundupan itu, Sam menuturkan, pihaknya belum bisa membuktikannya.

Penangkapan kapal bermuatan ribuan barang bekas dari Singapura itu melanggar pasal 102 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan.

(ska/c25/ami)

Download Aplikasi Berita Radar Pribumi di SINI

Silahkan KLIK LIKE :







Tidak ada komentar