Israel Tutup Satu-satunya Sumber Air Palestina - Radar Pribumi

Header Ads

Israel Tutup Satu-satunya Sumber Air Palestina

Warga Palestina yang tinggal di dekat desa Duma di distrik Nablus, daerah Tepi Barat yang diduduki Israel telah diberitahu bahwa satu-satunya pipa air yang melayani daerah tersebut akan dihapus oleh pasukan pendudukan Israel karena dianggap "ilegal".

Kantor berita Palestina Wafa melaporkan bahwa Ghassan Daghlas, seorang pejabat Palestina yang memantau aktivitas permukiman Israel di Tepi Barat sebelah utara, mengatakan bahwa pasukan Israel telah menginformasikan kepada penduduk bahwa mereka berniat untuk menghapus dan menghancurkan jaringan pipa tersebut.

Daghlas mengatakan bahwa pipa air itu adalah satu-satunya sumber air untuk daerah tersebut. Menurut Wafa, 14 keluarga Palestina tinggal di daerah tersebut dan bergantung pada jalur pipa.

Seorang juru bicara COGAT, badan yang bertanggung jawab untuk menerapkan kebijakan Israel di wilayah pendudukan Palestina, mengatakan kepada Ma'an bahwa pipa yg dipasang di daerah tersebut sebagai "bagian dari upaya untuk membangun sebuah kompleks perumahan ilegal di sebuah lokasi arkeologi dimana konstruksi dilarang."

Namun, kelompok hak asasi manusia telah lama melaporkan bahwa sumber air yang dikontrol oleh Israel di di area Tepi Barat telah menyebabkan kekurangan air bagi masyarakat Palestina dan memaksa orang-orang Palestina untuk membeli air langsung dari Israel.

Warga Palestina dicegah untuk menggali sumur mereka sendiri atau proyek lainnya untuk meningkatkan akses air.

Download Aplikasi Berita Radar Pribumi di SINI

Silahkan KLIK LIKE :







Tidak ada komentar