Header Ads

Potret Miris Negeri Ini, Veteran Disuruh Duduk di Lantai Saat Upacara 17-an

Merasa tidak dihargai oleh panitia upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 tahun, para veteran di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, mengamuk sesaat sebelum upacara dimulai di Lapangan Sepakbola GOR Pandan, Kamis (17/8/2017).

Sebabnya, mereka tersinggung karena diberi tempat duduk di bawah tenda di bawah tribun kehormatan. Bahkan salah seorang veteran yang diketahui sudah berusia 89 tahun sempat duduk di lantai. Sementara di tribun kehormatan, terlihat para pejabat pemerintahan daerah dan undangan lainnya.

“Mana bupati, mana danrem. Biar saya bilang langsung,” cetus salah seorang veteran yang tidak terima ditempatkan di bawah tribun kehormatan.

Melihat aksi protes itu, Ilham Hutabarat Anggota Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Tapanuli Tengah meminta agar panitia membuat kebijakan memindahkan para veteran tersebut ke tribun. Menurutnya upacara tersebut merupakan momen khusus yang salah satunya untuk mengenang jasa-jasa para pejuang kemerdekaan, termasuk para veteran.

“Seharusnya veteran ini duduk di tribun, bukan di bawah. Yang pejuang atau setidaknya ikut merasa sakitnya perjuangan kemerdekaan itu ya para veteran ini, bukan para pejabat sekarang dan lainnya. Tanpa harus diminta, mestinya panitia menempatkan veteran di tempat yang sepantasnya, sejajaran dengan bupati atau kapolres dan danrem. Bukan malah di bawah tribun,” tandasnya.

Sebelum upacara dimulai, panitia kemudian memindahkan tempat duduk para veteran (pada foto diantaranya mengenakan topi kuning) ke tribun kehormatan. (Firmansyah)

Download Aplikasi Berita Radar Pribumi di SINI

Silahkan KLIK LIKE :







Tidak ada komentar