Header Ads

GAWAT! Makhluk Dasar Laut Sepanjang 50 Meter Muncul di Simeulue, Ilmuwan : Waspada Gempa Dahsyat!

Dua ekor makhluk dasar laut sepanjang 50 meter ditemukan terdampar di pantai Pulau Simeulue, Minggu (20/8). Menurut para ilmuwan, makhluk seperti ini adalah pembawa berita akan datangnya gempa.

Makhluk yang lebih dikenal dengan oarfish ini sudah menjadi bahan penelitian para ahli sejak lama.

Fenomena mengenai oarfish yang panjang dan mirip ular terbang di pantai selalu mengundang perhatian khalayak.

Pada 8 Agustus silam, satu minggu sebelum gempa berskala 6,6 melanda Luzon di Filipina, dua ekor oarfish—sepanjang 12 kaki dan 14 kaki—terdampar di sebuah pantai di salah satu pulau Filipina. Laporan mengatakan bahwa kondisi mereka cukup baik dan salah satu oarfish yang lebih besar adalah betina.

Oarfish diperkirakan sering berada di kedalaman sekitar 3.300 kaki. Oleh karena itu, ketika dua oarfish tersebut terdampar, para peneliti dan ilmuwan berusaha untuk mencari tahu penyebabnya.

Sebenarnya, kemunculan oarfish di pantai menjelang gempa bumi merupakan hal yang tak asing bagi publik. Konon, masyarakat Jepang percaya bahwa “monster laut” ini membawa pesan akan adanya gempa bumi.

Gayung pun bersambut. Pada tahun 2011, sesaat sebelum gempa dahsyat Tohoku di Jepang, para ilmuwan mengatakan bahwa 20 oarfish terdampar di daerah pantai.

Oarfish merupakan ikan laut dalam yang lebih dekat dengan gangguan aktif. Dengan kondisi tersebut, para ilmuwan berhipotesis bahwa oarfish lebih peka terhadap perubahan kimia yang terjadi di perairan samudera saat terjadi gempa. (bbs)

Download Aplikasi Berita Radar Pribumi di SINI

Silahkan KLIK LIKE :







Tidak ada komentar