Header Ads

Hubungan Iran - Amerika Semakin Panas, Kapal Perang Mulai Dikirim ke Teluk Aden



Iran mengumumkan mengirimkan "Grup 45" dari Angkatan Lautnya yang terdiri dari kapal perang dan kapal perusak ke Teluk Aden dan Bab al-Mandab.

Pengumuman ini adalah langkah terbaru Iran ditengah ketegangannya dengan Amerika Serikat (AS) akibat gesekan terus menerus keduanya di perairan internasional.

Kantor berita Tasnim mengatakan pengiriman kapal perang Iran ke Teluk Aden dan Bab al Mandab adalah dalam upaya untuk menjaga kapal dagang Iran saat merapat di pelabuhan Oman. Apa yang dilakukan oleh Iran dipandang sebagai langkah provokasi.

Dikutip dari Al-Arabiya, Rabu (15/3/2017), Iran disebut telah meningkatkan aksi provokatif terhadap pasukan AS di wilayah tersebut. Peningkatan itu pasca koalisi Arab pimpinan Arab Saudi melancarkan operasi Decisive Storm pada Maret 2015 lalu. Operasi ini digelar untuk mendapatkan kembali legitimasi di Yaman.

Menurut pengamat, Iran bertujuan untuk mengontrol koridor navigasi internasional untuk terus mengutak-atik dan mengirim senjata ke sekutu-sekutunya di wilayah seperti milisi Houthi di Yaman, rezim Bashar al-Assad di Suriah dan milisi Hizbullah di Libanon.

Pada awal Januari lalu, kapal angkatan laut Iran terlibat konfrontasi dengan kapal angkatan laut AS di Selat Hormuz. Kapal perusak AS menembakkan tembakan peringatan ke arah kapal Iran. Ini bukanlah kejadian pertama yang melibatkan kedua negara.

Kapal Iran kerap mendekati kapal AS di wilayah tersebut. Kejadian terakhir terjadi pada awal Maret lalu. Saat itu, kapal milik AS bersama sejumlah kapal Inggris harus berputar arah saat didekati oleh sejumlah kapal perang Iran.

(ian)

Download Aplikasi Berita Radar Pribumi di SINI

Silahkan KLIK LIKE :







Tidak ada komentar