Header Ads

Ini Daftar 200 Mubaligh Rekomendasi Kemenag, Tidak Ada Nama UAS, Adi Hidayat dan Dua Basalamah


Kemenag merilis 200 nama mubalig terekomendasi. Dalam daftar nama itu, tercantum berbagai nama ulama dan kiai, tapi tak ada nama Ustaz Abdul Somad dan Adi Hidayat Lc.

Menag Lukman Hakim Saifuddin seperti dikutip kumparan dari situs Kemenag, Jumat (18/5), menyampaikan nama yang masuk memang harus memenuhi tiga kriteria yakni mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi yang baik, dan berkomitmen kebangsaan yang tinggi.

"Namun, para mubalig yang belum masuk dalam daftar ini, bukan berarti tidak memenuhi tiga kriteria tersebut,” ujar Menag, seraya menambahkan bahwa daftar itu akan terus di-update.

Tidak masuknya nama Ustaz Somad dan Adi Hidayat dalam daftar 200 nama tersebut memang menjadi pertanyaan. Dua ustaz ini kerap mengisi banyak pengajian dan kajian Islam di masyarakat. Dan selalu penuh ketika mereka hadir alias jemaah yang datang membeludak. Belum lagi tayangan di YouTube kedua ustaz itu selalu ditonton ratusan ribu orang.

Ustaz Somad bahkan kini dijuluki da'i sejuta umat karena massa yang hadir selalu melimpah. Somad selain sebagai ustaz juga menjadi dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Somad mendapatkan beasiswa kuliah di Universitas Al-Azhar, Mesir. Setelah mendapatkan gelar sajana Lc, pada 2004 Somad melanjutkan pendidikan S2 di Al-Hadits Al-Hassania Institute, Maroko.

Somad juga tercatat pernah menjadi anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian pada 2009 hingga 2014. Somad juga pernah menjadi Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau untuk periode 2009-2014. Dia kini menjadi salah satu pengurus NU pusat.

Sedang Adi Hidayat mengecap pendidikan di Ponpes Darul Arqam Muhammadiyyah Garut. Mengutip dari situs Akhyar TV, Adi Hidayat melanjutkan pendidikan di Fakultas Dirasat Islamiyyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang bekerja sama dengan Universitas Al-Azhar Kairo.

Pada 2005, dia mendapat undangan khusus untuk melanjutkan studi di Kuliyya Dakwah Islamiyyah Libya. Adi Hidayat kini banyak mengisi ceramah di berbagai tempat. Ceramahnya didasari keilmuan yang dalam sehingga jemaah pengajiannya juga membeludak. Tayangan ceramah Adi Hidayat di YouTube laris manis.

Selain Somad, Adi Hidayat, beberapa nama lainnya yang tidak ada di daftar antara lain Ustaz Maulana yang kerapa mengisi acara di TV dan Ustaz Hanan Attaki yang digandrungi anak muda. Begitu juga dengan Khalid Basalamah dan Syafiq Riza Basalamah, tidak ada nama mereka dalam daftar.

Berikut daftar 200 mubalig yang direkomendasikan Kemenag:









Download Aplikasi Berita Radar Pribumi di SINI

Silahkan KLIK LIKE :







Tidak ada komentar