Header Ads

Aksi Jemaah Umrah Indonesia Bikin Arab Saudi Marah Besar!


Pemerintah Arab Saudi melayangkan protes keras kepada KBRI Riyadh. Protes dilayangkan terkait lantunan "Yaa Lal Wathan" oleh sejumlah jemaah umrah Indonesia yang tengah menjalankan ibadah sa'i.

Menurut keterangan pers KBRI Riyadh, Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menyayangkan terjadinya aksi tersebut. Dia menjelaskan, apa yang dilakukan sejumlah jemaah umrah Indonesia itu tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Saudi.

"Jika ada ekspatriat Indonesia di Arab Saudi yang melakukan tindakan di luar kepatutan dan norma-norma yang berlaku, maka secara diplomatik yang akan diprotes pertama kali oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi," sebut keterangan pers KBRI Riyadh seperti dilansir dari kumparan.com, Selasa (27/2).

"Aksi di Mas'a tersebut berpotensi mengganggu hubungan diplomatik Indonesia - Arab Saudi yang saat ini sedang berada di masa keemasan," sambung mereka.

Dubes Agus pun mengimbau bagi seluruh WNI  yang sedang atau akan berkunjung ke Arab Saudi, untuk mematuhi peraturan, dan norma-norma yang berlaku di negara tersebut.

"Untuk diketahui bersama, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melarang keras segala bentuk upaya yang mempolitisasi umrah dan haji," jelas keterangan pers tersebut.

Video yang sempat menjadi viral tersebut diunggah pertama kali oleh Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Guntur Romli.

"Selain bacaan-bacaan saat Sa'i, Jamaah Sorban (anSOR BANser) juga gelorakan Ya Lal Wathan...Indonesia biladi... Indonesia Negeriku... di Masjidil Haram Makkah," cuit Guntur Romli di akun Twitternya pada Sabtu (24/2).

Gerakan Pemuda (GP) Ansor merupakan organisasi kepemudaan yang berafiliasi pada Nahdlatul Ulama (NU). Sementara Banser atau Barisan Ansor Serbaguna adalah badan otonom dari GP Ansor.

Dalam video berdurasi 1 menit 37 detik, sejumlah jemaah memang tampak lantang melantunkan "Yaa Lal Wathan" sembari mengepalkan tangan ke udara. "Yaa Lal Wathan" seperti dikutip dari situs resmi NU adalah lagu karya salah satu pendiri NU, KH. Wahab Hasbullah. 
Silahkan KLIK LIKE :







Tidak ada komentar